Pages

Senin, 13 Januari 2014

contoh pkm k (kewirausahaan)




USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL PROGRAM
 PENGEMBANGAN WIRAUSAHA BAYCHEESE
YANG BERBASIS POTENSI SELURUH MASYARAKAT
BIDANG KEGIATAN
PKM KEWIRAUSAHAAN (PKMK)

Diusulkan oleh:
Ahmad Mutho’illah
3401412141/2012
Luzna Silviyani
3301412129/2012
Kanita Khoirun Nisa
3401412148/2012
Nor Anggraeni Fitriana
3401412178/2012
Ummi Nurul Fadillah
3401412147/2012




UNIVERSITAS  NEGERI  SEMARANG
SEMARANG
2012




              


A. JUDUL PROGRAM
Pengembangan Wirausaha Baycheese  yang Berbasis Potensi Seluruh Masyarakat.


B. LATAR BELAKANG
            Era modern pada kemajuan Iptek yang sangat pesat mendorong berinovasi dalam pengembangan berbagai pengolahan produk yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi penduduk Indonesia yang kian meningkat jumlahnya serta sumber daya yang spesifik, strategi pengembangan perlu diarahkan pada potensi sumber daya masing-masing wilayah. Banyak bahan sayur-sayuran Indonesia yang mempunyai potensi gizi dan vitamin  yang baik, salah satunya adalah sayur bayam  yang belum termanfaatkan secara maksimal. Hal tersebut sangat disayangkan mengingat banyaknya komoditas bahan pangan yang secara langsung bisa bermanfaat bila diolah dengan baik dan profesional.
       Sebagian besar wilayah Indonesia mempunyai tingkat kesuburan tanah yang cukup tinggi. Tanah yang subur ini menjadikan mayoritas masyarakat bandungan berprofesi sebagai petani. Ketika musim panen tiba, maka sayuran akan melimpah ,banyaknya sayuran ini tidak sebanding dengan daya beli masyarakat  yang sedikit dari pada jumlah sayur yang ada sehingga menyebabkan harga sayur menurun, Contohnya Bayam. Sehingga untuk meningkatkan nilai ekonomis hasil pertanian tersebut, masyarakat perlu mengolah bayam  agar bisa meningkatkan nilai ekonomis dari sayuran  tersebut.
       Bayam Amaranthus spp. ) merupakan sayur-sayuran yang kaya akan vitamin C, zat besi, betakaroten, dan antioksidan, serta mengandung kolin dan inositol yang mampu penimbunan plak pada pembuluh darah, sehingga bayam sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang tua, karena mengkosumsi sayur bayam secara teratur juga dapat mampu mencegah penyakit jantung, katarak dan penurunan ketajaman pengelihatan.
 Berdasarkan paparan di atas kami mencoba menawarkan ide kami yaitu melakukan usaha pengolahan Bayam dan keju yang dipadukan menjadi olahan Kue basah Baycheese yang dapat digemari dan menjadikan produk ini memiliki cita rasa yang enak dan bergizi yang bermanfaat bagi kesehatan.


C. PERUMUSAN MASALAH
            Berdasarkan latar belakang yang telah kami  paparkan diatas, maka dapat di rumuskan beberapa  masalah yang dihadapi, antara  lain  :
1.      Bagaimana  meningkatkan nilai tambah sayur bayam agar   menjadi produk  makanan  yang  digemari  masyarakat?
2.      Apa manfaat dan keunggulan dari bayam?
3.      Bagaimana prospek kedepan dari terciptanya produk Baycheese bagi seluruh masyarakat?


D. TUJUAN  PROGRAM
Tujuan dari wirausaha Baycheese  ini antara lain :
1.      Untuk meningkatkan nilai tambah bayam agar menjadi produk makanan yang digemari masyarakat.
2.      Untuk mengetahui manfaat dan keunggulan yang terkandung dalam bayam  yang  dapat  dijadikan bahan makanan yang berkhasiat bagi kesehatan.
3.      Untuk mengetahui prospek kedepan dari terciptanya produk Baycheese bagi seluruh masyarakat.

E. LUARAN YANG DIHARAPKAN
          Dengan adanya program kreatifitas mahasiswa dibidang  Kewirausahaan (PKMK)  yang berupa kue basah dari bayam, dan keju sebagai makanan bervariasi yang digemari seluruh masyarakat, diharapkan diperoleh luaran sebagai  berikut  :
1.      Teroptimalisasikannya fungsi /kegunaan dari bayam yang sampai saat ini kurang dimanfaatkan.
2.      Produk kue basah dari bayam, dan keju dengan rasa  yang bervariasi dan manfaatnya bagi kesehatan.
3.      Meningkatkan nilai ekonomis dari sayuran bayam.


F. KEGUNAAN
       Program  Kreativitas  Mahasiswa   bidang Kewirausahaan (PKMK) ini   diharapkan dapat diperoleh beberapa manfaat antara lain :
1.      Terciptanya  produk baru dari pengelohan sayuran bayam dalam bentuk kue basah yang dapat meningkatkan potensi ekonomi seluruh masyarakat.
2.      Memberikan  alternatif dalam pengolahan sayuran bayam.
3.      Menciptakan  lapangan kerja baru bagi masyarakat.


G. GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN
            Baycheese adalah usaha yang bergerak dibidang  pengolahan makanan berupa inovasi kue basah  dari bahan bayam. Kue  basah   ini kaya akan antioksidan sebagai antibiotik alami  yang   bermanfaat   dalam  melindungi tubuh dan   pencegahan  berbagai penyakit. bayam kurang dimanfaatkan secara  optimal sehingga program ini bertujuan untuk mengoptimalisasi. Dalam  hal  ini bayam akan dikemas  sebagai makanan ringan   berbentuk kue basah yang nantinya dapat dinikmati ketika beristirahat maupun beraktivitas.  Selain mengenyangkan juga   menyehatkan tubuh.
  1. Prospek pengembangan usaha : Bayam saat ini belum dioptimalkan dengan baik sehingga tidak banyak diminati oleh  para konsumen.
Padahal jenis sayuran ini mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai anti biotik alami yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari penyakit serta zat besi dalam bayam sangat diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu peluang yang ada untuk memasarkan produk dari jenis sayuran ini menginspirasi kami untuk mengolahnya menjadi kue basah dengan taburan keju sebagai sumber kalsium yang baik.
Dalam pengembangan produk ini kita menekankan pemberdayaan masyarakat agar masyarakat tersebut terampil dalam berkreasi dan berinovasi dalam pengolahan bahan makanan yang banyak terdapat di sekitar kita, seperti bayam. Sehingga masyarakat dapat meningkatkan nilai ekonomis dan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

  1. Target penjualan: wilayah pemasaran kami untuk 4 bulan kedepan adalah wilayah Gunung Pati. Pendistribusianya diarahkan pada warung-warung pada toko sehingga para pembelinya adalah masyarakat sekitar, target untuk produk setiap harinya yang terjual adalah bahan dasar 1 kg bayam.
  2. Strategi pemasaran
a         Tingkat pemasaran: Persaingan usaha kue basah  Baycheese  ini cenderung ketat, karena banyaknya berbagai macam kue basah. Tetapi dengan bahan yang berbeda serta khasiat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita berusaha mempromosikan produk ini.
b        Supplier : Bayam diperoleh dari Gunung Pati, Semarangdan keju dari toko-toko bahan roti.
c         Buyer : sasaran konsumen dari produk ini adalah masyarakat sekitar Gunung Pati.
d        Analisa pasar sasaran : target penjualan tiap minggu adalah dapat menghabiskan kg bayam,  mengetahui target ini, strategi pemasarannya adalah produk dijual dipasar, dititipkan ke toko, selain itu, promosi yang kita lakukan juga dengan menyebarkan pamflet.
e         Bauran Produk
Ø  Produk
Kue basah Baycheese yang berbasis potensi ekonomi seluruh masyarakat  sehingga masyarakat  dapat mengoptimalkan pengolahan bayam.
Ø  Harga jual produk
Harga jual produk disesuaikan dengan pasar yaitu Rp. 40.000 / kg.
Ø  Tempat
Saluran pemasaran yang digunakan adalah membuka stand  yang khusus menjual kue basah Baycheese, menjual di pasar, dan menitipkan produk ketoko-toko makanan, hingga secara langsung yaitu menawarkan produk langsung kemasyarakat.




H. METODE PELAKSANAAN
Program kreativitas mahasiswa dibidang kewirausahaan ini terbagi menjadi 3 tahap yaitu (1) tahap persiapan (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap monitoring.
Pada tahap yang pertama, yaitu tahap persiapan, meliputi persiapan tempat untuk usaha didaerah Gunung Pati. Adapun alat dan bahan, serta cara kerja pembuatan kue basah Baycheese adalah sebagai berikut:
a.       Alat : kompor, gas, baskom, blender, panci dandang, oven, sendok, spatula, loyang, kuas, parutan keju, pisau, serbet.
b.      Bahan : Bayam yang sudah dikukus dan dihaluskan, keju parut, telur, margarin, gula halus, garam, susu, ragi instan, dan terigu.
c.       Cara kerja : Pengolahan kue basah dari bayam sangatlah mudah, langkah-langkah pembuatanya meliputi :
Cara pembuatan kue basah :


Bahan:
·         250g terigu
·         225gula pasir
·         250g margarin
·         200g bayam
·         75 ml susu
·         4 butir Telur
·         ½ sendok teh baking powder
 













I. JADWAL KEGIATAN
Program kreatifitas ini direncanakan dalam waktu 4 bulan pada tahun 2012. Perkiraan waktu dan kegiatan pokok kewirausahaan disajikan dalam tabel 1 dibawah ini :
Tabel 1. Jadwal Kegiatan
NO
KEGIATAN
Bulan
1
Bulan
2
Bulan
3
Bulan
4
1
Perencanaan Produksi dan pencarian  perlengkapan

ü



2
Pencarian bahan baku dan pengolahan bahan hingga menjadi produk jadi

ü



3
Produksi kue dari bayam

ü
ü

4
Perhitungan hasil,  evaluasi dan penyusunan laporan


ü

ü

ü
           
            Harapan kami setelah program PKMK selesai adalah terciptannya produk inovatif dari bayam dan percampuran keju, dan terbukanya peluang kerja dalam berwiraswasta dalam penciptaan produk unggulan.




J. RANCANGAN BIAYA
A.    Permodalan
Tabel 1. Modal Usaha
No
Nama barang
Jumlah
Satuan
Harga
(Rp)
Penyusutan perbulan
1
Kompor
2 buah
600.000
30.000
2
Gas
2 buah
   400.000
20.000
3
Oven
2 buah
    300.000
15.000
4
Sholet
2 buah
      10.000
500
5
Loyang
12 buah
     120.000
12.000
6
Baskom
4 buah
    40.000
2.000
7
Ember
2 buah
30.000
1.500
8
Parutan keju
4 buah
60.000
             3.000
9
Pisau
5 buah
50.000
2.500
10
Blander
2 buah
500.000
20.000
11
Lap
5 buah
25.000
1.250
12
Rak
1 buah
500.000
25.000
13
Stempel
1 buah
60.000
3.000
14
Rim label
1 lusin
40.000
2.000
15
Panci dandang
1 buah
80.000
8.000
16
Wadah Snack Stor
50 buah
650.000
30.000
17
Nota
2 buah
20.000
1.000
18
Buku keuangan
1 buah
20.000
1.000
Total biaya
3.505.000
177.750

B.  Biaya Produksi
Tabel 2. Biaya Produksi /bln
No
Jenis Biaya
Jumlah
Satuan
Harga Satuan
(Rp)
Jumlah
(Rp)
1
Bayam
30 kg
6.000
180.000
2
Susu
10 kg
8.000
80.000
3
Tepung
20 kg
8.000
160.000
4
Gula pasir
20 kg
13.000
260.000
5
Margarine
160 sachet
5.000
800.000
6
Telur
10 kg
15.000
150.000
7
Gas
 8 buah
15.000
120.000
8
Keju
10 kg
10.000
100.000
9
Biaya transportasi
1
600.000
600.000
10
Biaya listrik dan air
1
70.000
70.000
11
Biaya Promosi
1
100.000
100.000
12
Biaya telepon
1
100.000
100.000
13
Sewa stand
1
700.000
700.000
14
Lain-lain
1
300.000
300.000
TOTAL                                                                                      3.720.000                                                                                     


C.  Penerimaan
Tabel  Penerimaan Usaha /bulan
No
Jenis Penerimaan


Qty
Harga Satuan
(Rp)


Jumlah
(Rp)
1
Penjualan kue

180 kg
40.000 /Kg

7.200.000
TOTAL                                                                                      7.200.000

D.  Pendapatan
Pendapatan         =  Penerimaan – Biaya produksi
                            7.200.000  3.720.000
                            = 3.480.000,- /bulan

E.  Analisis Kelayakan Usaha
·         Retrun On Investmen (ROI)
                          ROI     = Keuntungan x 100%
                                         Total Biaya
                                      3.480.000     x 100%            = 93,55%
                                             3.720.000
                  Artinya : Usaha ini layak untuk dikembangkan karena setiap                                                      pembiayayaanya sebesar Rp. 100,00 diperoleh keuntungan sebesar Rp. 93,55.
·         Break Event Point (BEP)
                              BEP  Harga Produksi          Total Biaya
                                                                     Volume Produksi
                                                                  Rp. 3.720.000          = Rp. 20.666,67 /kg.
                                                                             180
                  Artinya : Pada tingkat harga sebesar Rp. 20.666,67 /kg, usaha ini tidak                                     mengalami keuntungan dan kerugian.
                              BEP  Volume Produksi       Total Biaya
                                                                         Harga
                                                                  = Rp. 3.720.000          = 93kg.
                                                                     Rp. 40.000
                  Artinya :Pada jumlah volume produksi sebanyak  93 kg perbulan, perusahaan
                  tidak mengalami keuntungan dan kerugian.








LAMPIRAN
A.    Biodata Ketua serta Anggota Kelompok
1.      Ketua
a
Nama Lengkap
:
Ahmad Mutho’illah
b
NIM
:
3401412141
c
Fakultas/ Program studi
:
Ilmu Sosial/ Pend. Sosiologi dan Antropologi
d
Perguruan Tinggi
:
UNNES
e
No. HP & Email
:
085727299326/ahmad.mutho@gmail.com
2.         Anggota
a
Nama Lengkap
:
Luzna Silviyani
b
NIM
:
3301412129
c
Fakultas/ Program studi
:
Ilmu Sosial/ Pend. Pancasila dan Kwarganegaraan
d
Perguruan Tinggi
:
UNNES
e
No. HP & Email
:
 085878726569 / luzna_silviyani@yahoo.com
3.      Anggota
a
Nama Lengkap
:
Kanita Khoirun Nisa
b
NIM
:
3401412148
c
Fakultas/ Program studi
:
Ilmu Sosial/ Pend. Sosiologi dan Antropologi
d
Perguruan Tinggi
:
UNNES
e
No. HP & Email
:
085726195855 / kanitakhoirunnisa@yahoo.co.id



4.      Anggota
a
Nama Lengkap
:
Nor Anggraeni Fitriana
b
NIM
:
3401412178
c
Fakultas/ Program studi
:
Ilmu Sosial/ Pend. Sosiologi dan Antropologi
d
Perguruan Tinggi
:
UNNES
e
No. HP & Email
:
085641351791 / anggraeni_fitriana@yahoo.com  
           
5.      Anggota
a
Nama Lengkap
:
Ummi Nurul Fadillah
b
NIM
:
3401412147
c
Fakultas/ Program studi
:
Ilmu Sosial/ Pend. Sosiologi dan Antropologi
d
Perguruan Tinggi
:
UNNES
e
No. HP & Email
:
085726332840 / umminurulfadillah@rocketmail.com

B.     Biodata Dosen Pendamping
a
Nama
:
Nurul Fatimah,S.Pd.,M.Si.
b
Fakultas/Jurusan
:
Ilmu Sosial / Jur.Sosiologi dan Antropologi
c
NIDN
:
0009048302
d
Jabatan
:
Pembina HIMA Sos.Ant.
e
Telp/ Faks
:
085742261983
f
Alamat Kantor
:
Gedung C7 & lt. 1 kampus UNNES Sekaran           Gunungpati 50229




Tidak ada komentar:

Posting Komentar